Upaya mengenali ganggun pada sistem pencernaan manusia

 

Gejala Penyakit Sistem Pencernaan dan Cara Mencegahnya

Terakhir diubah pada 19 Desember 2022  0 menit waktu baca
share on facebook
share on twitter
share on whatsapp
copy link
Gejala Penyakit Sistem Pencernaan dan Cara Mencegahnya

Sistem pencernaan memiliki fungsi untuk mencerna makanan dan menjadikannya nutrisi yang dapat diserap tubuh. Nutrisi tersebut disalurkan ke seluruh tubuh melalui alirah darah. Sistem pencernaan juga berperan untuk memisahkah bagian makanan yang tidak dapat dicerna tubuh. Oleh karena itu, organ-organ dalam sistem pencernaan sangatlah penting dan perlu dijaga kesehatannya.

 

Pola makan tidak teratur dan gaya hidup tidak sehat seperti merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, hingga kurang asupan makanan berserat merupakan beberapa faktor pemicu penyakit sistem pencernaan. Untuk itulah, kebiasaan-kebiasaan buruk tersebut harus dapat dihindari. 

 

Selain itu, Anda juga harus tetap waspada akan kemungkinan mengalami salah satu penyakit sistem pencernaan dengan lebih cepat mengenali gejala-gejala yang timbul. Berikut gejala-gejala penyakit sistem pencernaan yang bisa dialami:

- Nyeri ulu hati.

- Mual, kembung, dan muntah.

- Nyeri perut berulang.

- Sulit menelan.

- Diare dan sembelit.

- Buang air besar berdarah.

 

Baca Juga: Kenali Penyebab Ambeien dan Cara Mencegahnya

 

Jika Anda mengalami sejumlah gejala di atas, segera periksa ke dokter untuk memastikan penyebab timbulnya gejala tersebut. Biasanya dokter akan meminta Anda menjalani pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang, antara lain:

- Uji laboratorium 

Dokter akan mengambil sampel darah, urine atau feses untuk diteliti dan diketahui penyebab penyakit.

 

- Endoskopi 

Dilakukan untuk melihat kondisi organ di saluran pencernaan menggunakan alat berupa selang kecil yang telah dilengkapi kamera. Dalam proses ini biasanya selang dimasukkan melalui mulut, dubur, atau sayatan kecil di dekat organ yang akan diperiksa. 

 

- Uji pencitraan 

Biasanya dilakukan dengan memanfaatkan foto rontgen (USG, CT Scan, atau MRI) yang berguna untuk melihat kondisi organ sistem pencernaan.

 

Baca Juga: Kenali 3 Jenis Penyakit Sistem Pencernaan

 

Ketiga hal tersebut dilakukan untuk mendiagnosis penyakit sistem pencernaan yang dialami pasien agar mendapatkan pengobatan yang sesuai. 

 

Namun demikian, Anda tetap disarankan untuk melakukan langkah pencegahan sejak dini. Beberapa cara pencegahan penyakit sistem pencernaan yang dapat Anda ikuti antara lain mengonsumsi makanan kaya serat (sayur-sayuran), rutin berolahraga, minum air putih yang cukup, hindari makanan berlemak dan mengandung gas, serta kunyah makanan dengan baik. Mari cegah penyakit sistem pencernaan untuk hidup lebih sehat dan berkualitas!


Sumber:https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/gejala-penyakit-sistem-pencernaan-dan-cara-mencegahnya






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Getaran

Gunung berapi

Cara memisahkan campuran